Sunday 29 July 2012

Cara Berjalan Diatas Bara Api


Pekan lalu, 21 orang dirawat akibat menderita luka bakar di kaki setelah berjalan melewati bara panas di sebuah seminar motivasi di San Jose, California. Sebuah kecerobohan, kata ahli fisika.


Di acara motivasi Tony Robbin, “Unleash the Power Within”, sekitar 6000 peserta berusaha berjalan di atas bara. Alhasil, mereka berteriak kesakitan, kata warga San Jose yang berada di dekat tempat kejadian saat itu, sebagaimana dilaporkan San Jose Mercury News. 

Tiga orang mengalami luka bakar parah di kaki dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Apa yang sebenarnya terjadi? “Intinya, seseorang membuat kesalahan besar di sana,” kata David Willey, ahli fisika University of Pittsburgh yang melakukan penelitian tentang konsep fisika berjalan di atas api. 

Penyelenggara acara tersebut mungkin menggunakan arang kayu yang sangat panas. Mungkin juga, orang-orang itu berjalan melintasi bara api terlalu dekat waktunya setelah arang dipadatkan, sehingga bara belum mengalami proses pendinginan. 

Atau, mereka berjalan bersama di atas bara terlalu lambat.

Ritual kuno melintasi bara api biasanya berlangsung tanpa rasa sakit atau mengalami luka bakar, tutur Willey, karena kaki mereka tidak terlalu lama menyentuh bara. 

Bara bukanlah penghantar panas yang baik, jadi selama batu bara itu dibakar tidak lebih dari 538 derajat Celsius, dan Anda berjalan di atasnya dengan cukup cepat, Anda pasti akan berhasil selamat tanpa banyak lecet atau lepuhan di kaki. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak para magic yang melakukan atraksi berjalan di atas bara api. Bagi mereka yang mengetahui konsepnya, maka tidaklah kaget dengan adegan tersebut.

Willey sudah ahli soal berjalan di atas batu bara. Berdasarkan penelitiannya, dia menyarankan agar jangan menggunakan minyak zaitun atau arang dari kayu locust karena pembakarannya terlalu panas, yang berarti arang tersebut bisa mencapai suhu yang sangat tinggi saat pembakaran. 

Sementara arang dari kayu pinus, cemara dan kayu dari pohon hijau lainnya terbakar menjadi abu bukannya menyala seperti bara dengan nyala yang sangat terang. “Kayu pohon mapel atau cherry menghasilkan bara yang bagus dan tidak terlalu panas,” katanya, sambil menambahkan bahwa suhu yang tepat untuk orang yang berjalan di atas bara berkisar dari 482-538 derajat Celsius.

Penting dilakukan: Anda harus memadatkan arang agar pemukaan menjadi datar dan bisa dilewati, dan mencegah agar kaki orang tidak masuk ke dalam tumpukan arang dan tersandung bara tersebut.  

Mungkin dalam kasus di atas, setelah 6.000 pasang kaki menginjak tumpukan bara di San Jose, bara-bara tersebut tidak cukup datar lagi, dan menjadi berserakan, “Tampaknya orang-orang itu seperti sedang disiksa,” kata saksi mata...


Baca Selanjutnya >>

Saturday 21 July 2012

HOME GROUP


Bagi banyak pengguna, jaringan adalah sebuah kebutuhan namun kemampuan yang dibutuhkan biasanya menjadi momok yang menakutkan. Microsoft berusaha menjembatani kedua masalah ini dengan memperkenalkan HomeGroup, sebuah solusi jaringan yang mudah disetup dan digunakan pada Windows 7. Kekurangannya saat ini hanya satu, semua pengguna harus menggunakan Windows 7.

HomeGroup adalah sebuah jaringan yang tidak memerlukan user account dan administrasi dan saya tahu apa pertanyaan Anda selanjutnya. Walaupun tidak memerlukan Anda membuat user Account disetiap komputer yang tergabung didalam HomeGroup, bukan berarti setiap pengguna bisa dengan seenaknya bergabung kedalam jaringan ini. Untuk bergabung kedalam HomeGroup, komputer yang bergabung (bukan pengguna) harus mengetahui password yang digunakan oleh HomeGroup tersebut. 

Setiap komputer yang bergabung kedalam Homegroup, akan membuat setiap pengguna (user account) didalam komputer tersebut juga sudah bergabung dengan homegroup. Inilah yang saya katakan komputer dan bukan pengguna yang bergabung kedalam homegroup. Lalu bagaimana dengan aspek keamanan ? tidak semua pengguna ingin berbagi resource atau file yang dimiliki bukan ? 

Benar dan masalah ini bukanlah sebuah masalah untuk konsep Homegroup. Walaupun terhubung dengan Homegroup, bukan berarti file dan data yang ada didalamnya otomatis akan disharing. Setiap pengguna mempunyai hak-nya masing-masing untuk menentukan folder atau file mana saja yang akan disharing kepada pengguna lain. 

HomeGroup adalah jaringan yang benar-benar dibuat sederhana agar mudah digunakan dan bahkan nama Homegroup sendiri adalah nama yang tetap dan tidak bisa dikutak-katik lagi. Anda tidak bisa merubah nama ini bila tidak menyukainya dan Anda tidak bisa pula membuat lebih dari satu Homegroup didalam jaringan Anda. Benar, Anda hanya bisa memiliki satu homegroup dan hanya satu-satunya. Mungkin, Anda harus menunggu munculnya windows masa depan (windows 8?), untuk bisa membuat beberapa jenis Homegroup didalam jaringan Anda. 


Membuat Jaringan Homegroup

Homegroup bisa diciptakan oleh komputer mana saja yang ada didalam jaringan Anda namun sekali lagi, hanya bisa ada satu homegroup didalam jaringan Anda. Untuk membuat homegroup, klik menu Start>Control Panel>Choose homegroup and sharing options. Secara otomatis, komputer Anda akan mencari Homegroup yang ada didalam jaringan dan ketika jaringan Homegroup ini tidak ditemukan, Anda akan melihat window seperti yang ditunjukkan oleh gambar 3.1. Untuk membuat homegroup, Anda tinggal mengklik tombol 'Create a homegroup'




Window berikutnya akan meminta Anda untuk menentukan direktory-direktory spesial mana saja yang akan disharing dengan pengguna Homegroup lainnya. Anda akan melihat direktory Pictures, Music, Videos, Documents dan Printers. Semua direktory akan terpilih secara otomatis kecuali direktory Ducuments namun tentu saja Anda bisa merubah pilihan ini sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda tidak suka berbagi folder videos Anda yang menyimpan berbagai film-film seru, un-check saja ini. Selanjutnya, klik tombol Next maka proses pembuatan Homegroup akan segera dilakukan secara otomatis.

Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah password yang dibuat secara otomatis yang dalam contoh ini adalah 't136uJ4hU7'. Catat password ini karena password inilah yang dibutuhkan oleh komputer-komputer lainnya didalam komputer Anda yang ingin bergabung dengan Homegroup. Anda juga bisa mengklik link 'Print password and instruction' yang akan memberikan Anda petunjuk tentang bagaimana bergabung dengan Homegroup yang baru dibuat ini melalui komputer lain. Setelah selesai, klik tombol Finish.



Kini Homegroup telah terbentuk. Anda akan melihat kembali halaman yang menampilkan informasi direktory yang telah Anda sharing beserta setting serta link lainnya yang berguna dalam administrasi Homegroup. Anda bisa merubah password yang terbentuk secara otomatis ini misalnya dengan mengklik link 'Change the password..' atau mencoba melihat kemungkinan permasalahan pada Homegroup Anda melalui link 'Start the HomeGroup troubleshooter'.


Folder yang disharing pada HomeGroup dan Folder Libraries yang digunakan.

Bergabung dengan jaringan Homegroup
Setelah HomeGroup terbentuk, komputer-komputer lainnya yang terhubung didalam jaringan yang sama bisa bergabung dengan HomeGroup ini. Sebelum bergabung, pastikan Anda telah mencatat password yang digunakan oleh Homegroup. Bila Anda lupa, Anda bisa melihatnya melalui komputer yang telah terhubung kedalam jaringan Homegroup melalui Control Panel>Choose homegroup and sharing options>View or print the homegroup password


Ketika Anda mengklik menu Control Panel>Choose homegroup and sharing options, windows 7 secara otomatis akan mencari keberadaan homegroup didalam jaringan. Seandainya ditemukan seperti pada contoh ini, Anda akan melihat sebuah halaman yang menampilkan informasi mengenai keberadaan Homegroup beserta nama komputer yang menciptakannya pertama kali. Anda tidak mempunyai pilihan untuk membuat Homegroup, yang ada hanyalah bergabung dengan Homegroup yang ada dengan mengklik tombol 'Join Now'.

Ketika Anda mengklik tombol 'Join now', halaman berikutnya akan meminta Anda untuk menentukan folder-folder mana saja yang hendak Anda sharing kepada pengguna Homegroup. Setelah menentukan folder yang disharing maupun tidak, Anda bisa mengklik tombol 'Next' untuk melanjutkan. Kini, Anda akan diminta untuk memasukkan password yang digunakan oleh Homegroup. Anda harus memasukkan passwordnya dengan benar dan perhatikan juga bahwa password yang digunakan adalah case sensitif artinya password tersebut membedakan huruf besar dan kecil. Bila Anda mengalami kesulitan saat bergabung, pastikan juga bahwa tanggal dan waktu (date and time) Anda telah disetting dengan benar karena perbedaan tanggal dan waktu bisa membuat Anda ditolak bergabung kedalam Homegroup.


Setelah Anda bergabung dengan Homegroup, kini Anda bisa melihat folder dan file yang disharing oleh anggota Homegroup. Anda bisa mengakses folder-folder dan file yang disharing melalui Windows Explorer. Sebelah kiri dari Windows Explorer Anda, akan terdapat tambahan folder Homegroup yang bisa Anda klik untuk melihat nama komputer beserta folder dan file yang disharing. Mudah bukan ?

Merubah Hak Akses Sharing
Saya telah menjelaskan kepada Anda mengenai setting default atau hak akses default dari folder yang disharing oleh Homegroup seperti folder Documents,Music, Picturesd dan Videos. Bagaimana bila Anda ingin merubah folder-folder yang disharing ini ? Anda bisa melakukannya setiap saat melalui Windows Explorer. Klik folder tersebut kemudian klik toolbar 'Share with' dan tentukan hak akses yang hendak Anda berikan. Apakah Tidak boleh diakses oleh siapapun (Nobody), hanya boleh dibaca oleh anggota Homegroup (Homegroup(read)) atau boleh dibaca tulis oleh anggota homegroup (Homegroup(Read/Write)).


Anda juga bisa merubah hak akses dengan mengklik kanan mouse Anda. Dari situ, Anda bisa memilih menu 'Share with' dengan pilihan yang sama persis.


SUMBER :


Windows 7 Ultimate, terbitan Jasakom. Penulis : Ciu Bun Seng
Baca Selanjutnya >>

Thursday 19 July 2012

MEMBUAT JEBAKAN TIKUS



Baca Selanjutnya >>

Pengertian Surat Rekomendasi


Surat rekomendasi adalah surat yang dibuat oleh seorang pimpinan atau pejabat tertentu yang berisi keterangan tentang keadaan pribadi seseorang berdasarkan data-data autentik yang ada karena diminta sendiri oleh pihak yang bersangkutan untuk kepentingan pribadinya. Rekomendasi dapat
di berikan oleh pimpinann perusahaan berdasarkan cacatan pembukuan perusahaannya. Rekomendasi dapat juga di berikan oleh perseorangan yang di berikan kepada seseorang yang memerlukannya, misalnya untuk melamar pekerjaan.

Surat rekomendasi mirip sekali dengan surat keterangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan surat rekomendasi yang membedakannya dengan surat keterangan.

a. Obyek yang diterangkan dalam surat rekomendasi adalah pihak kedua (yang meminta) yang merupakan alumni suatu sekolah, mantan pegawainya, atau mungkin juga masih aktif belajar atau bekerja pada lembaga atau instansi yang diminta surat rekomendasi.

b. Sifat ketrangan dalam surat rekomendasi adalah tidak rahasia karena surat tersebut diminta sendiri oleh dan diberikan kepada yang bersangkutan, sehingga yang bersangkutan dapat membaca dan mengetahui isinya.

c. Isi keterangan tentang pribadi seseorang yang biasanya merupakan hal-hal yang baru saja. Mungkin berkenaan dengan kecakapan, kelakuan, prestasi, atau yang lainnya.

Perbedaan referensi dan rekomendasi terletak pada ketidakrahasiaan rekomendasi. Jika referensi di peroleh dengan menunjukkan seseorang, rekomendasi di peroleh dengan meminta surat rekomendasi dari pemberi rekomendasi.

2. Manfaat Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi mempunyai beberapa manfaat berikut ini.

a. Bagi pihak yang meminta, surat rekomendasi berfungsi sebagai dukungan moral karena isinya membenarkan, menguatkan terhadap hal-hal yang baik saja.

b. Bagi pihak yang memberi, surat rekomendasi berfungsi sebagai sarana untuk menambah keakraban dan menjaga hubungan baik dengan pihak peminta.

c. Bagi pihak yang terkait (pihak ketiga), surat rekomendasi berfungsi sebagai alat untuk mengetahui identitas, kepribadian, atau karakter seseorang yang disebutkan didalamnya. Pada akhirnya surat rekomendasi dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan diterima atau tidaknya orang tersebut dalam komunitasnya.

3. Bagian-bagian dan Penyusunan Surat Rekomendasi

Secara garis besar surat rekomendasi mempunyai tiga bagian pokok.

a. Kepala surat rekomendasi, terdiri atas :
  • Kop surat pada umumnya, biasanya dibuat lengkap beserta alamatnya,
  • Kata petunjuk berupa kata “SURAT REKOMENDASI” yang biasanya ditulis simetris dengan huruf kapital semua,
  • Nomor surat biasanya ditulis dibawah kata SURAT REKOMENDASI.
b. Tubuh/isi surat rekomendasi, terdiri atas:
  • Pernyataan kesungguhan pihak yang menerangkan,
  • Identitas pihak yang diterangkan, berupa nama, tempat/tanggal lahir, alamat, dan lain-lain yang dianggap perlu,
  • Penjelasan tentang kepribadian, kelakuan, atau karakter orang tersebut,
  • Klausul penutup, berupa harapan dapat dimanfaatkannya surat tersebut.



c. Kaki surat rekomendasi, terdiri atas:
  • tempat dan tanggal dikeluarkannya surat,
  • identitas penanggung jawab
  • jabatan penanggung jawab,
  • tanda tangan dan nama terang,

d. NIP, nomor anggota, atau sejenisnya

e. Cap/stempel.


Baca Selanjutnya >>

Arti, Fungsi, dan Ragam Bahasa


1. Arti Bahasa
Sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyakat pemakainya.
Sistem bahasa yang baik: Unsurnya
1.       Bermakna dan dapat dipahami.
2.       Bersifat konvensional yang ditentukan pemakainya berdasarkan kesepakatan.
3.       Digunakan secara berulang dan tetap.
4.       Bersifat terbatas, tetapi produktif. Artinya dengan sistem yang sederhana dapat menghasilkan kata, kalimat, wacana yang tidak terbatas.
5.       Bersifat unik, khas, dan tidak sama dengan lainnya.
6.       Dibangun berdasarkan kaidah yang bersifat universal.


2. Fungsi Bahasa
1)      Sebagai sarana komunikasi
Digunakan dalam berbagai lingkungan, tingkatan, dan kepentingan yang beraneka ragam, misalnya, komunikasi ilmiah, komunikasi bisnis, komunikasi kerja, dan komunikasi sosial.
Manusia tidak dapat hidup sendiri, mereka perlu berkomunikasi dalam berbagai lingkungan ditempat mereka
Antara anggota keluarga – komunikasi keluarga
Antar anggota masyarakat – komunikasi sosial
Antar ilmuan – komunikasi ilmiah


2)      Sebagai sarana integrasi dan adaptasi
Bahasa indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara merupakan fungsi integratif. Indikator kedudukannya sebagai bahasa nasional:
Ø  Lambang nasional yang dapat memberikan kebanggaan jati diri pemakainya sebagai bangsa indonesia.
Ø  Lambang identitas nasional yang dapat dikenali oleh masyarakat.
Ø  Alat pemersatu penduduk antar pulau diseluruh indonesia.
Ø  Alat komunikasi antar daerah dan antar budaya.
Indikator kedudukannya sebagai bahasa nasional berfungsi sebagai:
·         Bahasa dalam kegiatan resmi
·         Bahasa pengantar di sekolah
·         Alat komunikasi pada tingkat nasional
·         Alat pengembangan budaya
Dengan bahasa, orang dapat menyatakan hidup bersama, bahkan bahasa menimbulkan suatu kekuatan yang merupakan sinergi dengan orang lain.
Misalnya : Seseorang tidak akan menggunakan bahasa ilmiah ketika berbelanja, seorang ibu tidak akan menggunakan bahasa bisnis ketika menasehati anaknya,
3)      Sebagai kontrol sosial
Berfungsi untuk mengendalikan komunikasi agar orang yang terlibat dalam komunikasi dapat saling memahami. Dalam kehidupan sehari-hari dapat berbentuk komunikasi timbal balik, baik secara lesan maupun tulisan. Dengan demikian, masing-masing dapat mengendalikan komunikasi dan memberi saran, kritik dll.
4)      Sebagai sarana memahami diri
Dalam membangun karakter seseorang harus dapat memahami dan mengidentifikasi kondisi dirinya terlebih dahulu.Pemahaman ini mencakup kemampuan fisik, emosi,kecerdasan dll.
5)      Sebagai sarana ekspresi diri
Dapat dilakukan dari tingkat yang paling sederhana sampai dengan tingkat yang kompleks.
Ekspresi paling sederhana misalnya untuk menyatakan cinta, lapar, krecewa..
Tingkat kompleks misalnya berupa pernyataan kemapuan mengerjakan proyek besar dalam bentuk proposal yang sulit dan rumit, menulis laporan, desain produk, dll.
6)      Sebagai sarana memahami orang lain
Dengan pemahaman terhadap seseorang, pemakai bahasa dapat mengenali berbagai hal mencakup kondisi pribadinya. Melalui pemahaman ini seseorang akan memperoleh wawasan yang luas dan bermanfaat serta memperoleh kemampuan berfikir sinergis dengan memadukan pengalaman orang lain bersama dengan potensi dirinya.

7)      Sebagai sarana mengamati lingkungan sekitar
Keberhasilan seseorang menggunakan kecerdasannya ditentukan oleh kemampuannya memanfaatkan situasi lingkungannya sehingga memperoleh berbagai kreatifitas baru yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi dirinya dan masyarakat.
Misal : Apa yang melatarbelakangi pengamatan, bagaimana masalahnya, bagaimana cara mengamati, tujuannya, hasilnya, kesimpulan.
8)      Sebagai sarana berfikir logis
Melalui proses berfikir logis, seseorang dapat menentukan tindakan tepat yang harus dilakukan. Selain itu, perlu disadari bahwa bahasa bukan hanya sarana proses berpikir melainkan juga penghasil pemikiran, konsep, atau ide.
9)      Membangun kecerdasan
Kecerdasan adalah kemampuan memanfaatkan potensi, pengalaman, pengetahuan dan situasi sehingga menghasilkan kreatifitas baru yang menguntungkan dirinya maupun masyarakat.
Howard Gardner(peneliti kecerdaan) menyimpulkan bahwa kecerdasan ada tujuh macam, yaitu:
1.       Kecerdasan linguistik yaitu kecerdasan menggunakan bahasa.
2.       Kecerdasan logismatematis terkait dengan angka dan logika
3.       Kecerdasan spasial terkait dengan tata ruang.
4.       Kecerdasan musical terkait dengan pengolahan nada dan irama menjadi karya musik.
5.       Kecerdasan kinestikjasmani terkait dengan kreatifitas dan prestasi keolahragaan.
6.       Kecerdasan antarpribadi terkait dengan kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain.
7.       Kecerdasan intrapribadi terkait dengan kemampuannya mengendalikan daya pikir dan emosinya dalam mengakses berbagai informasi dan potensi yang bermanfaat.
10)   Mengembangkan kecerdasan ganda
Selain kecerdasan berbahasa, seseorang dimungkinkan memiliki beberapa kecerdasan sekaligus. Selain itu orang yang tekun mendalami bidang studinya secara seriu dimungkinkan memiliki kecerdasan yang produktif. Misal seorang ahli pemograman yang mendalami bahasa, ia dapat membuat kamus elektronik, mesin penerjemaah, dll.
11)   Membangun karakter
Kecerdasan merupakan bagian karakter dari manusia. Kecerdasan berbahasa memungkinkan seseorang dapat mengembangkan karakternya lebih baik.
12)   Mengembangkan profensi
Profesi seseorang tidak akan berkembang tanpa menunjukkan kemampuannya kepada orang lain. Proses pengembangan profesi diawali dengan pembelajaran dilanjutkan dengan pengembangan diri yang tidak diperoleh selama proses belajar, tetapi berakumulasi dengan pengalaman barunya.

13)   Sarana menciptakan kreatifitas baru
Setiap orang memiliki bakat alam yang dibawanya sejak lahir. Perkembangan itu sejalan dengan potensi akademik yang dikembangkannya melalui pendidikan yang kemudian berkembang menjadi bakat intelektual,
Bakat alam dan bakat intelektual ini dapat berkembang secara sinergis untuk menghasilkan kreatifitas baru. Untuk menciptakan kreatifitas baru setiap mahasiswa harus mengkaji konsep dasar secara menyeluruh dilanjutkan study kasus baik positif maupun negatif dilanjutkan memikirkan solusinya dan menciptakan kreatifitas baru.

3. Ragam Bahasa
1.       Berdasarkan media
Dibedakan atas:
1)      Ragam bahasa lisan
Ditandai dengan penggunaan lafal atau pengucapan, intonasi, kosakata, penggunaan tata bahasa dalam pebentukan kata dan penyusunan kalimat.
2)      Ragam bahasa tulis
Ditandai dengan kecermatan menggunakan ejaan dan tanda baca, kosa kata, penggunaan tata bahasa dalam pembentukan kata, penyusunan kalimat, paragraf dan wacana.
Contoh:
a)      Pelafalan baku (dicetak miring) lazim digunakan
asas (azas atau asas)                      truk (trek atau  truk)
bus (bis atau bus)                            plus (ples atau plus)
zaman (jaman atau zaman)         nomor (nomer atau nomer)

b)      Pelafalan singkatan
BBC (bebece atau bibisi)                               TBC (tebece atau tebese)
BS.c (beesce atau biessi)               WC (wece atau wese)
2.       Berdasarkan waktu
Berdasarkan waktu terdapat ragam bahasa lama dan ragam bahasa baru (modern)
1)      Ragam lama lazim digunakan dalam penulisan naskah-naskah lama (kuno).
2)      Ragam bahasa baru  (modern) ditandai dengan penggunaan kata-kata baru, ejaan yang disempurnakan dan mengekspresikan ilmu  pengetahuan dan teknologi modern, misalnya : Internet, Jaringan, dan seluler.
3.       Berdasarkan Pesan Komunikasi
1)      Ragam bahasa ilmiah
Adalah sarana verbal yang efektif, efisien, baik, dan benar.
Ciri ragam bahasa ilmiah:
a)      Struktur kalimat jelas dan bermakna lugas.
b)      Struktur wacana bersifat formal, mengacu pada standar konvensi naskah.
c)       Singkat, berisi analisis dan pembuktian, menyajikan konsep secara lengkap.
d)      Cermat dalam menggunakan unsur baku istilah/kata, ejaan, bentuk kata, kalimat, paragraf, wacana.
e)      Cermat dan konsisten menggunakan penalaran dari penentuan topik, pendahuluan, deskripsi teori, deskripsi data, analisis data, hasil analisis, sampai dengan kesimpulan dan saran.
f)       Menggunakan istilah khusus yang bersifat teknis dalam bidang tertentu.
g)      Dapat diukur kebenarannya secara terbuka oleh umum.
h)      Konsisten dalam pembahasan topik.

2)      Ragam bahasa pidato
·         Ragam pidato ilmiah
Terdiri beberapa jenis, : Presentasi makalah ilmiah, skripsi, tesis, desertasi dan pidato pengukuhan guru besar.
·         Ragam pidato resmi
Kata resmi memiliki beberapa pengertian
a)      Resmi karena situasinya, misal : pidato kenegaraan oleh pejabat negara.
b)      Resmi karena kemuliaan isi dan situasi, misal : Khotbah agama.
c)       Resmi karena informasi dan kekidmatan situasi penyampaian dalam suatu upacara. Misal : Pidato akad nikah/ perkawinan.
d)      Resmi karena isi atau materi mengandung kebenarab unifersal dan disampaikan untuk mewakili suatu negara. Misal : Pidato untuk mewakili suatu negara.
3)      Ragam bahasa tulis resmi
Ditandai oleh :
a)      Penyajian materi / pesan bersifat mulia.
b)      Penggunaan fungsi-fungsi gramatikal secara eksplisit dan konsisten.
c)       Penggunaan bentuk lengkap, bentuk yang tidak disingkat.
d)      Penggunaan imbuhan secara eksplisit dan konsisten.
e)      Pengunaan kata ganti resmi dan menghindari kata ganti tidak resmi.
f)       Penggunaan pola frase yang baku.
g)      Penggunaan ejaan yang baku pada bahasa tulis dan lafal yang baku pada bahasa lisan.
h)      Tidak menggunakan unsur tidak baku.
4)      Ragam bahasa sastra
Ragam ini mengutamakan unsur-unsur keindahan seni. Misal : dalam roman, novel, cerita pendek dll. Namun, ragam ini sering digunakan juga dalam iklan promosi produk komersial. Misal : Iklan sabun untuk kecantikan, mobil yang menawarkan kemewahan dan kenyamanan.
Beda bahasa sastra dan iklan terletak pada tujuannya. Ragam sastra menyenangkan bagi pembacanya tanpa mendorong pembaca untuk membeli suatu produk, sedang iklan bersifat persuasif agar pembaca (pendengar) membeli produk.
5)      Ragam bahasa berita
Ragam ini lazim digunakan dalam pemberitaan.Bahasa berita menyajikan fakta secara utuh dan objektif. Untuk menjamin objektifitas berita, penyaji perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a)      Tidak menambah atau mengurangi fakta yang disajikan.
b)      Tidak mengubah fakta berdasarkan pendapat penyaji.
c)       Tidak menambah tanggapan pribadi.
d)      Tidak menggunakan perasaan suka atau tidak suka.

Baca Selanjutnya >>

STRATEGI PEMASARAN UNTUK PEMIMPIN, PENGIKUT, DAN PENCERUK PASAR


Strategi Pemimpin Pasar
Pemimin pasar merupakan perusahaan yang biasanya mengungguli perusahaan lain dalam perubahan harga, pengenalan produk baru, jangkauan distribusi, dan intensitas promosi. Pemimpin merupakan titik orientasi bagi para pesaing, suatu perusahaan baik untuk menantang, meniru , atau menghindarinya.
Ada beberapa strategi pemimpin pasar
Memperluas Pasar Keseluruhan
1.       Pemakai Baru
Setiap kelsa produk mempunyai potensi untuk menarik pembeli yang tidak peduli terhadap produk itu atau yang menolak produk itu karena harga atau tidak adanya atribut-atribut tertentu. Perusahaan paling sukses mengembangkan pemakai baru adalah shampo bayi Johnson&Johnson. Mula-mula mereka bingung karena angka kelahiran menurun, tetapi mereka mengamati ternyata anggota keluarga yang lainnya juga menggunakan shampo bayi. Manajemen Johnson&Johnson memutuskan melakukan melakukan kampanye iklan yang ditujukan orang dewasa. Shampo ini menjadi merk nomor satu dalam pasar shampo keseluruhan.
2.       Pengguna Baru
Pasar dapat diperluas melalui penemuan dan mempromosikan penggunaan-penggunaan baru suatu produk. Rata-rata orang india mengkonsumsi Prata –Sejenis kue dadar-, seminggu 2-3 kali. Produsen Prata akan mendapatkan keuntungan jika meraka dapat mempromosikan Prata dimakan pada suatu kesempatan lain sepanjang hari misalnya sebagai makanan ringan untuk meningkatkan frekuensi pemakainya.
3.       Pemakaian Tambahan
Strategi perluasan ketiga adalah meyakinkan masyaperluasan ketiga adalah meyakinkan masyarakat untuk menggunakan lebih banyak produk pada setiap kesempatan penggunaan.
Mempertahankan Pangsa Pasar
Selain berusaha memperluas, pemimpin pasar harus terus mempertahankan terhadap serangan pesaingnya. Aqua harus berjaga-jaga terhadap ades, Teh botol dengan Teh kita, Rinso terhasap So Klin.
1.       Pertahanan Posisi
Kebanyakan ide dasar pertahanan adalah membangun suatu benteng di sekeliling daerahnya yang tidak dapat diruntuhkan.
2.       Pertahanan Rusuk
Pemimpin pasar seharusnya tidak hanya menjaga daerahnya saja tetapi juga bergerak membuat penjagaan diluar  pos nya untuk melindungi sisi yang lemah atau ungkin digunakan sebagai basis invasi untuk serangan balik.
3.       Pertahanan Mendahului
Gerakan pertahanan yang lebih agresif adalah melakukan serangan terhadap musuh sebelum musuh mulai serangannya. Pertahanan ini menyatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati.
4.       Pertahanan serangan balasan
Kebanyakan pemimpin pasar, ketika diserang, akan menanggapinya dengan serangan balasan. Pemimpin tidak dapat tinggal diam dalam menghadapi potongan harga, gemerlapnya promosi, perbaikan produk, atau invasi daerah penjualan yang dilakukan oleh pesaingnya.

5.       Pertahanan Bergerak
Melibatkan lebih banyak pemimpin yang secara agresif mempertahankan daerahnya. Pemimpin memperluas daerahnya masuk ke daerah baru yang dapat dijadikan pusat untuk bertahan dan menyerang di masa depan.
6.       Pertahanan Penciutan
Penciutan terencana bukan meninggalkan pasar, tetapi menutup daerah yang lebih lemah dan mengalihkan sumber dayanya untuk pasar yang lebih kuat.

Memperluas Pangsa Pasar
Pemimpin pasar dapat mengembangkan profitabioitas merka melalui meningkatkan pangsa pasar meraka. Perusahaan harus mempertimbangkan tiga faktor sebelum mengejar pangsa pasar secara membabi buta.
1.       Kemungkinan provokasi pesaing-pesaing yang iri berteriak “monopoli” jika perusahaan dominan terus naik pangsa pasarnya.
2.       Biaya ekonomi.
3.       Perusahaan dapat melakukan bauran pemasaran yang keliru dalam mengejar pangsa pasar yang lebih tinggi, sehingga tidak menaikkan laba.
Strategi Penantang Pasar
Penantang pasar merupakan perusahaan yang secara agresif mencoba memperluas pangsa pasarnya dengan menyerang pemimpin, perusahaan nomor dua, atau perusahaan kecil lainnya.
Menentukan Sasaran dan Lawan Strategik
Penantang pasar harus menentukan dulu sasaran strategiknya. Prinsip dasar tujuan militer mengatakan bahwa setiap operasi militer harus diarahkan ke sasaran yang jelas, tegas, dan dapat dicapai. Tujuan strategik dari kebanyakan pempin pasar adalah meningkatkan pangsa pasar mereka, memikirkan bahwa hal tersebut akan mengarah pada perolehan laba yang lebih tinggi.
Pada dasarnya penyerang dapat menyerang tiga jenis perusahaan:
1.       Menyerang pemimpin pasar
Strategi ini beresiko tinggi namun hasilnya dapat tinggi pula.
2.       Menyerang perusahaan sebanding yang tidak bekerja dengan baik dan keuangannya lemah.
3.       Menyerang perusahaan lokal atau kecil yang tidak baik dan keuangannya lemah.
Memilih Strategi Penyerangan
Titik awal dikenal sebagai prinsip massa, yang menyatakan bahwa daya tempur yang unggul harus dipusatkan pada waktu dan tempat yang tepat untuk tujuan yang tegas. Kita dapat membuat kemajuan dengan dengan membayangkan musuh yang menduduki suatu daerah pasar tertentu.
1.       Serangan Frontal
Penyerang dikatakan melakukan serangan frontal apabila ia mengerahkan besar-besaran kekuatannya untuk melawan musuhnya. Ia menyerang kekuatan musuh, bukan kelemahannya. Hasilnya tergantung pada siapa yang lebih kuat dan lebih tahan.
2.       Serangan Rusuk
Prinsip utama dari perang modern adalah pemusatan kekuatan melawan kelemahan. Penyerang mungkin menyerang pada sisi yang kuat untuk menyibukkan pasukan yang bertahan, tetapi kemudian melakukan serangan yang sesungguhnya di rusuk atau dibelakangnya yang tidak terduga oleh pasukan bertahan.
3.       Serangan Pengepungan
Adalah usaha untuk meraih daerah musuh melalui seerangan “kilat” terpadu. Dilakukan dengan melibatkan serangan besar dibeberapa sisi, sehingga musuh harus melindungi muka, sisi, dan belakang. Serangan pengepungan masuk akal bila penyerang memiliki sumber daya yang lebih baik.
4.       Serangan Menghindar
Merupakan serangn yang tidak langsung. Artinya, menghindari musuh dan menyerang pasar yang lebih mudah untuk memperluas basis sumber daya.
5.       Serangan Gerilya
Adalah pilihan lain yang ada di pasar penyerang, khususnya pasar yang lebih kecil yang mempunyai modal yang lemah. Perang gerilya terdiri dari bertempur dengan serangan kecil, seeangan terputus-putus pada daerah yang berbeda, dengan tujuan mengganggu mengacaukan musuh dan akhirnya menancapkan kakinya secara permanen ditempat tersebut.

Strategi-strategi Pengikut Pasar
Pengikut pasar adalah perusahaan nomor dua yang memilih untuk tidak menimbulkan gejolak, biasanya takut mengalami kerugian yang lebih banyak daripada mendapatkan keuntungan. Akan tetapi pengikut memiliki strategi untuk ikut aktif dalam pertumbuhan pasar.
Ada tiga strategi yang dibedakan:
1.       Penduplikat (cloner)
Cloner berusaha menyamai produk, distribusi, iklan, dan lainnya seperti yang dilakukan pemimpin pasar. Cloner yang ekstrim adalah pemalsu yang memproduksi produk pemimpin
2.       Peniru (Imitator)
Imitator meniru beberapa hal dari pemimpin tetapi menjaga diferensiasi dalam kemasan, iklan, penetapan harga, dan lain sebagainya.
3.       Pengubah (Adapter)
Adapter mengambil produk pemimpin dan mengubah dan sering pula memperbaiki produk tersebut. Adapter mungkin memilih menjual ke pasar yang berbeda dan menghindari konfrontasi langsung dengan pemimpin. Namun sering kali adapter tumbuh menjadi penantang masa depan.

Strategi Penceruk Pasar
Perusahaan lebih kecil umumnya menghindari persaingan melawan perusahaan lebih besar dengan mengarah kepada pasar kecil yang tidak menarik perusahaan besar.

Karakteristik ceruk pasar yang ideal:
1.       Ceruk merupakan suatu ukuran dan daya beli yang cukup untuk mendapatkan keuntungan.
2.       Ceruk mempunyai potensi pertumbuhan.
3.       Ceruk tidak menarik pesaing-pesaing utama.
4.       Perusahaan memiliki keahlian dan sumber daya yang diperlukan untuk melayani ceruk dalam model superior.
5.       Perusahaan dapat mempertahankan dirinya sendiri melawan serangan pesaing utama melalui goodwill pelanggan yang telah dibangun.

Penceruk mempunyai tiga tugas:  menciptakan ceruk, memperluas ceruk, melindungi ceruk. Sebagai contoh, Nike, Produsen sepatu olahraga, secara konstan menciptakan ceruk baru dengan mendesain sepatu kusus untuk olahraga dan berbagai kegiatan seperti naik gunung, bersepeda, dll. Kemudian Nike memperluas dengan mendesain versi dan merk yang berbeda. Akhirnya Nike harus melindungi posisi kepemimpinannya ketika pesaing-pesaing baru memasuki ceruk.
Baca Selanjutnya >>

Mengelola Produk


Keputusan Dalam Produk
Pemasar perlu mengelola produk dalam tiga tingkatan keputusan produk dan jasa: keputusan produk dan jasa individu, keputusan lini produk, dan keputusan bauran produk. Ketiga putusan pada tiga tingkatan tersebut perlu dikelola secara integratif, sehingga terdapat efisiensi pengelolaan produk.
Keputusan Produk dan Jasa Individu
Produk pada tingkat individu adalah pengertian produk pada tingkat merek. meliputi:
1.       Atribut produk, pengembangan suatu produk perlu dilakukan dengan mendefinisikan manfaat yang akan ditawarkan, yang dikomunikasikan dan disampaikan melalui atribut produk, seperti kualitas, fitur, serta gaya dan desain. Atribut produk dapat digambarkan sebagai berikut:

    
2.       Pengemasan
Adalah aktifitas merancang dan memproduksi pembungkus suatu produk. Pembungkus terdiri dari pembungkus primer dan pembungkus sekunder. Dalam mengelola aspek pembungkus, pemasar perlu menjaga fungsi pembungkus untuk memberikan keamanan kepada produk, mampu mempromosikan produk, dan kemudahan penyimpanan dan pengangkutan. Pengemasan pada saat ini juga menjadi alat untuk meningkatkan keunggulan kompetitif suatu produk.
3.       Pelabelan.
Adalah informasi yang tertulis dalam pembungkus produk. Pemasar perlu mengetahui bagaimana mengelola label, akan dapat bermanfaat maskimal kepada produk dan bagi konsumen. Label bisa dibuat sederhana, namun bisa juga sangat komplek tergantung pada produk dan konsumen. Label biasanya menggambarkan beberapa hal tentang produk, misalnya: siapa yang membuatnya, dimana dibuat, kapan dibuat, kandungannya, cara pemakaian, dan bagaimana menggunakan produk dengan aman. Label halal perlu dicantumkan agar konsumen muslim terlindungi.
4.       Pelayanan pendukung produk.
Adalah elemen lain dalam strategi produk pendukung yang bisa menjadi bagian kecil atau besar dari keseluruhan penawaran. Pelayanan pendukung dimaksudkan sebagai pendukung bagi keseluruhan penawaran produk, yang meliputi: garansi, layanan purna jual, instalasi, call centre.

Mengelola merek: Membangun Identitas yang Kuat
Pemasaran produk saat ini memerlukan merek sebagai alat untuk memberikan identitas suatu produk. Dengan memiliki merek, produk bisa dikenali, dibedakan, dan diidentifikasi lebih mudah. Produk juga bisa dilindungi hak-hak hukumnya, sehingga pasar bisa lebih aman memiliki produk. Persaingan dalam emasarkan produk yang ketat saat ini, menjadikan merek sebagai alat untuk meningkatkan keunggulan kompetitif suatu produk. Saat ini sebagian besar produk yang ditawarkan  di pasara memiliki merek yang jelas.
*        Merek sekurangnya dapat memberikan arti dan citra dalam empat kategiri, yaitu:
1.       Atribut. Yaitu makna merek yang mencerminkan atribut produk tertentu. Motor Honda dengan “Irit Bahan bakar”, Yamaha dengan “bandel”
2.       Manfaat, yaitu makna merek yang berhubungan dengan manfaat fungsional maupun manfaat emosional. Aqua dengan manfaat “sehatnya nyata”, lifeboy dengan “Sabun Kesehatan”
3.       Nilai, yaitu makna merek terkait nilai tertentu yang dicari pasar, contoh: Mobil Kijang adalah “Mobil Keluarga”
4.       Personalitas, yaitu makna merek personalitas tertentu yang bernilai bagi pasar. Mobil BMW dengan personifikasi mobil para eksekutif, extra joss minuman lelaki.

Ekuitas Merek
Adalah nilai dari merek berdasarkan tingkat dimana merek memiliki konsumen loyal, memberikan kualitas yang tinggi, memiliki asosiasi yang kuat, dan memiliki aset lain yang ada dalam merek. Merek dengan ekuitas tinggi tertentu akan dicari banyak konsumen, bahkan mereka mau berkorban lebih dari biasanya. Pasar mudah mengingat merek tersebut dan memiliki citra dan asosiasi positif. Orang bangga menggunakan merek tersebut. Jika ini terjadi maka produk akan memiliki pembeli potensial yang tinggi, yang berarti permintaannya tinggi.
    Membangun Merek yang kuat
       Membangun merek yang kuat dan sukses dipasar, memerlukan serangkaian aktvitas yang harus dilalui. Langkah-langkah tersebut dapat dilihat dalam skema berikut:
Mengelola Siklus Hidup Produk
Siklus hidup produk adalah tahapan yang dilalui oleh suatu produk dari pertama kali dipasarkan hingga akhir masa hidup produk. Setiap produk mengalami siklus hidup produk, yang mencakup lima tahapan berbeda, yaitu tahap pengembangan, perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap pendewasaan dan tahap penurunan. Tahapan ini adalah tahapan yang umumnya terjadi pada sebagaian besar produk yang terdeskripsi

Pengembangan Produk
Pengembangan suatu produk dimulai saat perusahaan menemukan dan mengembangkan ide produk baru. Selama pengembangan produk, penjualan masih nol dan biaya investasi perusahaan dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan. Dalam masa pengembangan, produk masih dikerjakan oleh bagian riset dan pengembangan dan belum dikonsumsikan kepada pasar.

*        Tahap Perkenalan
*        Tahapan ini dilalui pada saat produk dijual pertama kali di pasar. Pada tahap ini ditandai dengan pertumbuhan penjualan yang masih lambat dan jumlah penjualan yang masih kecil dan perusahaan belum mendapatkan keuntungan oleh karena pengeluaran yang besar untuk memperkenalkan produk dibanding penjualan yang masih kecil. Biaya relatif tinggi.
*        Tahap pertumbuhan
*        Tahap pertumbuhan adalah tahapan kehidupan produk yang ditandai dengan tingginya pertumbuhan penjualan, dan perusahaan sudah mulai mendapatkan laba.  Biaya pemasaran menurun, laba yang dihasilkan meningkat. Pasar dimaksimalkan agar dicapai jumlah pembeli yang besar.
*        Tahap pendewasaan
*        Tahap pendewasaan adalah periode yang ditandai melambatnya pertumbuhan penjualan dikarenakan produk telah diterima oleh sebagian besar pembeli potensial, dimana pembeli potensial telah menjadi pembeli aktual produk. Keuntungan cenderung meurun, karena meningkatnya pengeluaran pemasaran untuk mempertahankan produk dalam persaingan.
*        Tahap penurunan
*        Adalah tahapan kehidupan produk dimana ditandai penjualan yang mulai menurun dan keuntungan jatuh. Struktur biaya perpelangganan menjadi rendah, pembeli produk adalah pelanggan lama, dan persaingan menurun. Pada tahap ini pemasar mengurangi pengeluaran danmemaksimalkan pendapatan dari merek. Produk yang tidak produktif ditinggalkan, harga dipotong, distribusi menjadi selektif mengikuti penurunan penjualan , iklan diupayakan untuk mempertahankan pelanggan inti yang setia, dan promosi penjualan dikurangi pada tingkat minimal.



Baca Selanjutnya >>