Tuesday 23 February 2016

DIY LAMPU AQUASCAPE DENGAN LED BOHLAM

Bismillah,.... 
Maaf agan", dah lama ane ga posting. hehehee
kali ini ane mau posting DIY LAMPU AQUASCAPE DENGAN LED BOHLAM,
langsung aja ya gan, to the point aja biar ga ribet. Sebenarnya udah ada keterangan disetiap gambar, tetapi dalam bahasa jawa, natr tak tambah keterangan dalam bahasa Indonesia tapi agak beda gpp ya, yg penting intinya sama, hehehee.....
1. Siapkan peralatan sbb :
> Lampu LED Bohlam, watt nya tergantung selera dan kondisi yg di inginkan...
> Obeng minus, penyongkel...
> LEM, lem apa aja yg penting kuat
> gergaji, ane pake gergaji besi gan...
> Peralon listrik, Peralon Besar, nek ga salah ukuran 2,5 Inch, ane lupa gan

2. Pertama, congkel penutup lampu, pke tangan harusnya bisa gan, nek ga bisa ya pake penyongkel. tuh liat gambar ya


3. Bagian atas juga dicongkel pke obeng minus ato penyongkel. Ntar ada kabel (+) yg keluar.


4. Bagian tengah dibelah, seperti pada gambar ya. Itu ntar ada kabel (-)


5. Pralon kecil dan besar dibelah jadi 2, trus pralon kecil ditempelkan pada bagian tepi dalam pralon besar. Liat pada gambar. Potongan pralon besar cuma dipake 1 aja

6. Lampu yang udah dibongkar disambung dengan kabel, bisa dibuat seri atau paralel. Klo ane tak bikin paralel gan, biar ketahuan klo ada lampu yang mati.


7. Rangkaian tadi dimasukkan ke pralon besar seperti pada gambar, disisipkan aja gan. 


8. Penampakan hasil akhir gan, tinggal bikin dudukan aja, gampang kan gan ?
heheee



Berikut adalah contoh yang saya aplikasikan ke tank,...
karena ada yang minta, maka saya cantumkan...
meskipun itu foto lama, :D








28 comments:

  1. perangkatnya/ sambungan ga dilindungi gan... pake isolasi misalnya 😀😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan baru bisa buka,... hehee
      itu simpel aja gan, gak dilindungi udah nggantung nggak jatuh...
      dilindungi pke lakban ato isolasi gpp...
      ane udah 1 tahun lebih tanpa isolasi masih aman

      Delete
  2. Gan bola lampu led ny it warna putih semua ya atau ada warna lain seperti biru atau merah?

    ReplyDelete
  3. DULUR Sitok Iki penjelasane bilingual..😂😂😂😂😂. Mantebbbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas.s... :)
      ane juga masih belajar...
      itu bikin sendiri biar simple

      Delete
  4. Replies
    1. nggak usah gan, itu udah ada rangkaian dari lampu led nya

      Delete
  5. Selain itu ada beberapa hal lain kenapa aquascape dapat memberikan manfaat untuk kehidupan kita, saya sarankan anda untuk membacanya:

    PENTING!! 7 Manfaat Membuat Aquascape Yang Belum Anda Ketahui

    ReplyDelete
  6. Asem, apik tenan lur, gak kepikir ngene, tarakku bolame jik dinggo, jebul iki diguak yo bolame.

    ReplyDelete
  7. Asem, apik tenan lur, gak kepikir ngene, tarakku bolame jik dinggo, jebul iki diguak yo bolame.

    ReplyDelete
  8. Kalo ukuran watt Nya beda , ga apa2 ya mas???
    Ga harus sama besar yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba mas, tapi klo beda nanti fokus led nya ke tank sebelah kanan dan kiri jadi beda...

      Delete
  9. Itu ya, sudah tak tambahkan di gambar terakhir paling bawah...
    :D

    ReplyDelete
  10. Cara nyambung paralelny gmn? +sama+ apa +sambung-
    Mkasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel + disambung dengan kabel + dan dihubungkan dengan 1 kabel yang diteruskan ke stop kontak, demikian juga yang kabel -
      nantinya kabel sambungan dari pus (+) dan minus (-) di hubungkan ke stop kontak

      Delete
  11. Apakah semua jenis led bisa untuk aquascape gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk semua jenis led, saya kurang tau gan
      tapi kalo led yg ada dipasaran umumnya bisa digunakan semua
      tinggal disesuaikan kebutuhan watt dengan ukuran Tank dan jenis tanaman... :)

      Delete
  12. Cak nek aquascape ukuran 100cm x 45cm .. Watt e lampu pantes e piro cak..

    ReplyDelete
  13. Kayak e wong jowo kie. Jowo u ngendi e mas nek cerak tak mampir ngomah u mas njuk warah

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Berarti gak usah pake piting lampu ya.langsung stop kontak aja?

    '

    ReplyDelete
  16. Apik pakde, tp kalau saya bohlamnya saya kasih cover kertas bentuk corong terus di lem ke bohlam biar cahayanya langsung fokus ke bawah

    ReplyDelete